KUNJUNGAN ONLINE CEGAH COVID-19


ALTERNATIH PENCEGAHAN COVID-19
(LAPAS KELAS IIB PAYAKUMBUH SEDIAKAN KUNJUNGAN ONLINE BAGI WARGA BINAAN)
Ditengah merebaknya Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia, banyak instansi dan lembaga melakukan lockdown  sementara akses pelayanan bagi umum dan memberlakukan Work from Home. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Payakumbuh merupakan salah satu lembaga yang juga menghentikan sementara akses layanan kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Upaya preventif ini dilakukan sesuai dengan arahan Menteri Hukum dan HAM serta Sekretaris Jenderal Pemasyarakatan pada teleconference yakni membatasi perkumpulan serta menyediakan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan menerapkan budaya cuci tangan pakai sabun. Kebijakan tersebut telah disampaikan sebelumnya oleh Kepala Lapas (Ka.Lapas) pada Jum’at (20/03) kepada seluruh jajaran dan pengunjung. “Kita akan menghentikan layanan kunjungan sementara kunjungan sebagai salah satu upaya dalam pencegahan COVID-19” ujar Muhamad Kameily, selaku Ka.Lapas Kelas IIB Payakumbuh.



Salah satu langkah yang telah diambil beliau mengadakan layanan kunjungan online berupa layanan videocall bagi Warga Binaan. Layanan tersebut mulai di berlakukan dari Sabtu (21/03) hingga 1 April mendatang. Layanan Kunjungan Online tetap diawasi oleh petugas Lapas Payakumbuh serta dipastikan bahwa layanan tersebut murni tanpa pungutan biaya apapun. Adapun layanan ini hanya digunakan khusus supaya dapat melakukan  panggilan keluar kepada keluarga dan kerabat Warga Binaan. “Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan serta demi alasan keamanan akses komunikasi maka layanan kunjungan online via videocall tidak boleh menerima panggilan masuk” pesan dari Bapak Abdul Silaban selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka.KPLP) Kelas IIB Payakumbuh.


Bapak Kalapas juga menambahkan “layanan videocall dimulai dari jam 09.00 WIB hingga 11.30 WIB sebagaimana jadwal kunjungan yang telah diberlakukan seperti biasa”. Kunjungan Online ini sangat memudahkan akses komunikasi untuk Warga Binaan dengan keluarga tanpa harus kontak langsung.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIB PAYAKUMBUH

Kunjungan di Lapas Kelas IIB Payakumbuh

Sosialisasi Absensi terintegrasi SIMPEG dan Evaluasi Pelaksanaan WBK/WBBM